Nominasi Visual Novel : Dukungan atau Hiburan?

Published by admin on

Kenapa pakai acara penghargaan segala sih?

Dunia Bisnis Visual Novel (Baca Bishoujo Game) sudah ada sejak sebelum tahun 2000an. Dan tentu saja, selama itu pula, banyak judul yang sudah dirilis oleh masing-masing perusahaan. Anggap saja dalam satu bulan ada 30 judul Visual Novel yang muncul, baik yang berdurasi panjang ataupun pendek. Dan jika itu semua dijumlah, maka ada sekitar 360 judul Visual Novel dalam setahun!

Hal tersebut tentu saja membuat baik pelanggan atau pihak toko yang menjual pasti kewalahan. Dari sisi pembeli apalagi, bingung memilih judul mana yang bagus, dan judul mana yang sesuai dengan kita.

Dari pihak perusahaan, jumlah judul yang banyak, terkadang membuat karya mereka seakan tenggelam. “Padahal skenarionya bagus, padahal CG nya banyak, tapi enggak dilirik sama sekali.” Kira-kira begitu.

Oleh karena itu, beberapa pihak mencoba memberikan penghargaan untuk Visual Novel terbaik, dalam satu tahun agar karya yang benar-benar bagus atau yang jelek sama sekali (setidaknya menurut pendapat pembeli) bisa terlihat di permukaan.

Memang siapa yang sok-sokan ngasih penghargaan?

Ya enggak sok, juga sih. Hanya, mereka (pihak pemberi penghargaan) adalah pihak yang memang bisa, layak dan mampu untuk menilai dan memberikan sebuah ‘label’ pada suatu karya. Dan sampai artikel ini ditulis, setidaknya ada 2 pihak yang repot-repot mau menilai dan memberi penghargaan pada karya ‘terbaik di masanya’ Yaitu, Getchu Bishoujo Game Award dan Moege Award.

Lah terus DMM ke, mana? Entah terkena angin apa, penghargaan yang diberikan DMM, (untuk saat ini) berada dalam satu koridor bersama Moege Award

Moege Award vs Getchu Bishoujo Game Award

Apa bedanya kedua Award di atas, dan kenapa kok bisa ada dua? Mari kita kenal lebih jauh!

Kenalan dulu

Moege Award adalah sebuah situs voting untuk memberi penghargaan kepada suatu karya selama setahun dari berbagai jenis game. Moege Award dijalankan oleh sebuah panitia khusus. Dan untuk penjurian, dilakukan oleh Tim Juri yang berisi orang-orang ‘tertentu’ seperti editor majalah, hingga orang-orang yang sudah berpengalaman dalam dunia Visual Novel.

Sedangkan Getchu adalah sebuah situs daring (Getchu.com) untuk membeli berbagai hal seperti Buku, CD musik, dan tentu saja game. Perusahaan ini dimiliki oleh PT Gainz yang sudah didirikan sejak tahun 2000. Nah untuk Getchu Award, dimulai tahun 2003 di mana voting hingga hasil ditentukan pengguna, dan akhir-akhir ini menyertakan komentar dari pengguna 

Judul yang berpartisipasi

Pertama, Moege Award. Judul yang ikut dalam Moege Award adalah semua judul game, dalam hal ini Eroge, Bishojou Game, Adventure Game dan game lainnya yang pokoknya scenario based game. Baik itu All Ages atau 18+ Semuanya masuk. Dan semuanya bisa layak mendapat suara.

Berbeda lagi untuk Getchu Bishoujo Game Award (karena panjang, selanjutnya akan ditulus Getchu Award) yang berpartisipasi adalah semua game yang terdaftar dalam situs Getchu.com. Dan pastinya, yang masuk Getchu sebagian besar (atau hampir semua?) adalah Bishoujo Game. Baik Eroge (18+) ataupun tidak.

Nah berarti sama saja dong? Iya, memang sama. Namun yang membedakan adalah bagaimana cara judul-judul tadi berpartisipasi. Untuk Getchu Award, tentu saja pihak developer memang mendaftarkan karyanya, karena ingin jualan.

Sedangkan untuk Moege Award, judul berpartisipasi karena sebelumnya didaftarkan (dicatat) secara sengaja oleh pihak panitia. Nah, di sini, pihak developer bisa menarik karyanya dari daftar nominasi, jika merasa tidak perlu, atau sangat percaya diri kalau karyanya akan menang.

yuu

Eurasia (Yuu-chan), eh Maksudnya Nora to Oujo to Nora Neko Heart, salah satu nominasi dan juara versi Moege Award.

Proses dukungan dan Penjurian

Nah ini baru beda. Pertama Moege Award. Cara untuk mendukung sebuah judul di Moege Award adalah dengan voting di situs resmi Moege Award. Dengan batasan satu orang, satu suara dalam 24 jam. Jumlah suara yang telah dikumpulkan pantia, akan diserahkan kepada tim juri untuk ditentukan judul mana yang akan mendapatkan penghargaan.

Sedangkan Getchu Award, bersifat terbuka dalam penjurian. Memang ada proses voting selama satu bulan. Tapi, selain voting, bagus atau tidaknya sebuah karya ditentukan oleh komentar dan ulasan dari pemain yang sudah terdaftar dan membeli di Getchu.com. Tapi, ya tentu saja ada pihak dari Getchu yang akan mengumpulkan dan mengelola data-data di atas.

Opera Snapshot_2018-06-25_182715_moe-gameaward.com

Halaman voting di Moege Award

Nominasi penghargaan dan Hadiah

Nah yang ini juga beda, jauh. Moege Award memiliki sejarah panjang untuk jumlah nominasi. Sejak dimulai tahun 2006, Moege Award secara garis besar memiliki 2 model nominasi. Pertama nominasi bulanan. Ya sesuai namanya, judul terbaik dalam satu bulan, yang dihitung dari banyaknya jumlah suara voting.

Kedua adalah nominasi tahunan. Nah ini yang banyak. Ada 17 Nominasi, 3 juara harapan, dan satu juara utama, jadi total ada 19 nominasi. 18 nominasi merupakan hasil dari rapat tim juri, sedangkan nominasi “Dukungan Pengguna Terbanyak” merupakan murni dari jumlah voting. Dan jumlah nominasinya juga bisa saja berubah setiap tahunnya.

 

photo_2018-06-01_00-22-38

Sejarah nominasi Moege Award oleh akun @mochacha626 (Twitter)

Untuk Getchu Award, hanya ada satu kali nominasi, yaitu nominasi tahunan. Yang terdiri dari 7 kategori dan satu kategori umum, di mana setiap kategori memiliki 10 judul terbaik sesuai kategori, dan 20 judul untuk kategori umum (keseluruhan). Dan semuanya merupakan voting dari pengguna.

Opera Snapshot_2018-06-25_1724sss42_www.getchu.com.png

Sedangkan, Getchu Award, meski juga mengalami perubahan sejak tahun 2002, tapi lebih simpel

Dan hadiahnya adalah …………………………….? Tentu saja tidak ada.

Tapi setidaknya, jika suatu judul mendapat suatu penghargaan, pasti akan jadi viral dan dengan harapan, penjualannya akan meningkat.

Namun, yang namanya Penghargaan, baik voting ataupun pakai juri, tetap saja ada kelemahannya. Pemilu saja ada, masa ini enggak.

Penggemar banyak = Menang

Iya kemungkinan ini besar sekali. Biasanya, suatu brand yang memiliki penggemar apalagi yang fanatic, kemungkinan akan pasti akan menang. Dan ini berlaku jika sistem dukungan menggunakan voting bebas (siapa saja bisa ikut) seperti dalam Moege Award.

Dibandingkan dengan Getchu Award, yang diharuskan mendaftar (yang mendaftar setidaknya pasti ingin beli) dan harus menuliskan komentar. Karena jika menulis komentar berkali-kali, bisa dianggap Spam nantinya.

Memang lu siapa?

Mungkin ini kata-kata dari staf salah satu brand terkait jika tahu judulnya ikut dalam suatu nominasi. Dan lagi-lagi, Moege Award cenderung mendapatkan pertanyaan semacam ini. Hal ini karena judul yang ikut nominasi Moege Award, bukan dari keinginan pihak brand, namun ‘diikutsertakan’ oleh pantia Moege Award. Jadi tidak jarang, ada beberapa brand yang ‘mundur’ dari nominasi karena merasa tidak perlu untuk di berikan ‘label’ yang tidak perlu oleh orang lain. Seperti contoh di bawah ini, di mana Navel, Windmiill, bahkan Innocent Grey keluar dari nominasi. Baik yang bulanan maupun tahunan.

Sistem Penilaian dan Nominasi yang diragukan

Untuk hal ini, baik Moege Award dan Getchu Award sama-sama bisa diragukan. Baik dari menentukan judul kategori atau nominasi, hingga siapa saja yang berhak mendapatkan penghargaan kedua pihak memiliki caranya sendiri. Untuk Moege Award semua nominasi baik nama dan pemenangnya ditentukan oleh tim Juri. Sedangkan orang luar tidak tahu siapa saja jurinya, apa keahliannya, bagaimana prosesnya, dan lain sebagainya.

Sedangkan Getchu Award, nama nominasi ditentukan oleh Getchu sendiri, sedangkan siapa pemenangnya tergantung judul mana yang paling banyak mendapat dukungan. Namun, namanya dukungan akan cenderung subjektif. Hal ini tentu perlu dipertimbangkan.

Bisa saja, Visual Novel yang skenarionya bagus, malah terpilih sebagai “desain karakter terbaik”. Atau jika pengguna menganggap suatu Visual Novel H-Secene nya terbaik, tapi terpilih sebagai “music terbaik” bagaimana? Aneh, kan?

Opera Snapshot_2018-06-25_185524_www.getchu.com

Versi Moege Award, Suisou Ginka no Istoria dari Uguis Kagura mendapatkan penghargaan “Karakter Desain Terbaik” sedangkan di Getcu Award, mendapatkan posisi ketiga dalam kategori “Skenario terbaik”

Pada akhirnya penghargaan memang dibuat untuk menghargai brand dan karya yang mereka buat agar lebih dikenal. Dan akan lebih baik, jika penghargaan tersebut dapat membuat karya bagus namun ‘tenggelam’ bisa muncul ke permukaan. Sehingga usaha dari orang-orang yang terlibat bisa benar-benar dihargai.

Dan jika merasa sebuah ajang penghargaan membuat semakin bingung untuk menentukan Visual Novel yang cocok untuk kalian. Artikel Menemukan Visual Novel “Jodoh” mungkin bisa membantu, untuk menentukan Visual Novel sesuai kriteria kalian.

Artikel Spesial | HERO Soft

Referensi:

http://moe-gameaward.com/top.html
http://www.getchu.com/pc/2017_g_ranking/
https://kakuyomu.jp/works/1177354054881024505/episodes/1177354054885911952
http://sorenanteerg.jp/エロゲ業界のモンドセレクション#i-4

Categories: ArtikelFokus

0 Comments

Komentar di sini

%d bloggers like this: