Apa Faedah dari “Remake” Dokyusei?

Published by Robet Fujita on

Mendengar nama Dokyusei kembali di tahun 2021 rasanya seperti mimpi. Seakan dibawa kembali ke masa lalu. Padahal, penulis maupun sebagian besar teman-teman pasti bukanlah generasi yang mengetahui secara langsung lahirnya Visual Novel yang rilis 28 tahun silam ini. Tepatnya pada tahun 1992.

Ilustrasi utama versi old (c) elf

Penulis pun hanya tahu dari mendengar, dan membaca. Sehingga bagaimana Dokyusei itu hanyalah sebatas perkiraan. Memang apa spesialnya Dokyusei sampai diagung-agungkan, sampai dikatakan ‘legenda’?

Pionir Bishojo Game modern

Meskipun bisa disebut sebagai pionir. jangan mengira ketika rilis 28 tahun lalu, Visual Novel ini sudah berbentuk layaknya yang teman-teman temui saat ini. Maksudnya modern di sini adalah dimulainya jenis baru sebuah Adult Game yang berfokus pada ‘menaklukkan’ Heroine tertentu dengan mengharuskan pemain memilih alur cerita, lalu mengikuti cerita yang dialami setiap Heroine.

Cari cewek dulu, gan. (Tampilan versi old)

Lebih tepatnya menurut sinopsis, pemain diharuskan nampa ‘menggoda cewek supaya bisa diajak main’. Dengan semakin akrabnya pemain kepada satu Heroine, semakin dalam pula kompleksitas masalah yang akan ditemui pemain. Karena secara tidak langsung pemain akan ikut campur dengan masalah yang dihadapi oleh Heroine favorit.

Konsep yang terdengar biasa, tapi sebelum Dokyusei hadir, hampir semua Adult Game hanya befokus pada bagaimana cara mendapatkan gambar erotis, bukan cerita. Sehingga ketika Elf, pengembang Dokyusei memilih untuk berfokus pada proses cerita dari awal kenalan dengan Heroine hingga bisa membuat mereka jatuh cinta. Wajar, waktu itu Visual Novel ini jadi sejarah baru.

Sekarang sudah 2021. Banyak Visual Novel dengan ilustrasi, dan sistem yang lebih menarik. Semua itu diawali oleh perubahan yang dibawa oleh Vosual Novel ini. Sayangnya perubahan besar yang dibawa Dokyusei tidak bisa dinikmati oleh pemain generasi masa kini.

Packing versi old dalam Disket (Floppy Disk)
Dulu dimainkannya lewat PC9801
Packing versi terbaru

Beruntung, remake yamg dilakukan FANZA kali ini tidak menghilangkan fitur khas, mini game, dan banyak hal unik pada Dokyusei versi lawas. Malah sekarang pemain dimanjakan dengan grafis yang lebih modern, dan sedap dipandang. Ditambah beberapa fitur yang sudah mengikuti zaman.

Melihat Remake dari Visual Novel legenda tentu menjadi sesuatu hal yang berharga. Terutama baagi teman-teman yang sering memainkan Visual Novel. Dokyusei adalah pionir dan bintang di zamannya. Namun Visual Novel ini tidak hanya jadi romansa di masa lalu, melainkan bisa hadir kembali dalam bentuk modern sehingga dapat dinikmati oleh pemain di tahun 2021.

Layaknya jembatan yang menghubungkan antara masa lalu dan masa depan. Membuatnya tak lekang oleh waktu.

Versi anyar
Versi lawas yang dirancang di kertas

Teman-teman dapat menikmati masa-masa awal Visual Novel (Bishojo Game), dan ikut merasakan sejarah panjang Visual Novel dalam Dokyusei Remake pada 26 Februari mendatang!

Tampilan versi anyar

Video Pembuka

Versi Trial

Klik gambar untnuk unduh (VPN)

*Gambar diambil dari kanal FANZA GAMES DiGination, dalam video kunjugan staf ke pameran Dokyusei

Categories: FokusRekomendasi

Robet Fujita

Penggemar musik jejepangan metal, hard rock, hingga jadul. Suka menulis, dan menyibukkan diri sendiri.

0 Comments

Komentar di sini

%d bloggers like this: