Rekomendasi ‘Terbaik’ dari Getchu Award 2020

Published by Robet Fujita on

Pandemi di tahun 2020 membuat banyak hal berubah di lingkungan sekitar kita. Namun, kekuatan para pengembang Visual Novel untuk menciptakan karya yang luar biasa tidaklah banyak berubah. Meski didominasi oleh pengembang besar, tapi karya yang mereka hasilkan tetaplah segar, dan masih dapat dibilang kreatif.

Di tahun ini juga, Getchu sebagai salah satu toko daring terbesar dalam penjualan Visual Novel kembali mengumumkan Visual Novel terbaik di tahun 2020, melalui Bishojo Game Award 2020, dengan nominasi seperti, Umum, Skenario Terbaik, Sistem Terbaik, Grafis Terbaik, Musik Terbaik, Movie Terbaik, Karakter Terbaik, dan Erotis Terbaik, seperti yang sudah-sudah. Dari berbagai nominasi tersebut, penulis akan memberikan Visual Novel yang paling menarik untuk dimainkan, atau masuk daftar tunggu teman-teman. Rekomendasi ini akan mengambil dan memiliah tiga Visual Novel terbaik dari setiap nominasi kecuali nominasi Erotis Terbaik.

Baiklah, berikut rekomendasinya;

Pertama, Re CATION ~Melty Healing~ (hibiki works)

Penulis pernah membahas Visual Novel satu ini dalam artikel yang berbeda. Konsep utama dari Visual Novel ini adalah bagaimana teman-teman, terutama yang sedang bekerja, dan mendapat tekanan hebat oleh lingkungan sekitar dapat melepas penat, dan derita itu sejenak, supaya dapat kembali mendapatkan semangat untuk esok harinya.

Tiga Heroine cantik, akan memanjakan kelelahan teman-teman. Ada yang teman satu kantor, mahasiswi, maupun ibu asrama.

Omong-omong, Re CATION ~Melty Healing~ mendapat posisi kedua dalam Visual Novel dengan Sistem terbaik.

Kedua, Amakano 2 (Azarashi Soft)

Mendapatkan nominasi CG terbaik di tahun 2020.

Visual Novel dengan tema musim gugur dan romansa di antara tiga Heroine dengan tempo yang cukup kalem. Dengan protagonis yang sebenarnya tidak tertarik dengan cinta, pemain akan dibawa dengan perlahan menikmati keseharian protagonis untuk menciptakan ikatan dengan para Heroine di sekitarnya. Ikatan pun dibangun secara perlahan, tapi cukup hangat menemani sejuknya musim gugur.

Ketiga, Hakuchumu no Aojashin

Karya keempat Laplacian ini mendapatkan penghargaan dalam nominasi Opening Movie terbaik di tahun 2020. Cerita singkatnya, Hakuchumu no Aojashin adalah Visual Novel yang menggabungkan semua latar dari ketiga Visual Novel Laplacian sebelumnya, ke dalam satu garis waktu, yang akan menjadi sebuah ‘mimpi’ dari seorang gadis. Semua latar tadi terbagi dalam empat cerita, yaitu CASE 01, 02, 03, dan True Route Case 00. Selain opening movie, konsep cerita dari VIsual Novel ini sangat baru, dan unik sehingga mampu membawanya mendapatkan urutan ketiga dalam nominasi umum, serta nominasi musik terbaik kedua.

Keempat, Summer Pockets REFLECTION BLUE (Key)

Pada tahun 2018, Summer Pocket adalah Visual Novel terbaik versi Getchu. Meski di tahun ini tidak terjadi hal yang sama, ternyata kekuatan Key masih bisa unggul dalam bidang musik. Summer Pockets REFLECTION BLUE mendapatkan nominasi musik terbaik dari Getchu. Selain itu, siapa juga yang meragukan cerita dari Key, ya kan?

Kelima, 9-nine- Yuki Iro, Yuki Hana, Yuki no Ato (Pallete)

Sudah sejak tahun 2017 serial 9-nine- menemani dunia Visual Novel, di tahun 2021 bulan April teman-teman akan ditemani oleh episode puncak. Sedangkan di tahun 2020, episode keempat berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Visual Novel dengan skenario terbaik urutan ketiga setelah Hakuchumu no Aojashin, dan Sakura no Kumo, Scarlet no Koi. Penulis rasa, tidak perlu cerita banyak, Semua serial 9-nine- harus teman-teman mainkan.

Keenam, Hamidashi Creative (Madosoft)

Kalau pengembang satu ini memang belum pernah salah ketika membuat Heroine yang Waifuable. Begitu juga di tahun 2020. Dengan Heroine yang memiliki keunikan zaman now, Hamidashi Creative berhasil mengambil dua posisi dalam nominasi Karakter Heroine terbaik di tahun 2020. Heroine tersebut adalah Izumi Hiyori, dan Nishiki Asumi. Mereka berada tepat di bawah Shocho, Heroine terbaik di tahun 2020 dari Sakura no Kumo, Scarlet no Koi.

Ketujuh, Sakura no Kumo, Scarlet no Koi

Akhirnya, Ini dia Visual Novel terkuat dan terbaik pada tahun 2020. Jujur saja, penulis tidak pernah menyangka, Cabbage Soft mampu membuat VIsual Novel sekuat ini. Jujur saja, penulis hanya pernah memainkan Sakura no Kumo, Scarlet no Koi dalam versi Trial. Sehingga, tidak banyak yang bisa penulis ceritakan. Namun, melihat Visual Novel ini yang hampir mengisi semua nominasi, mulai dari cerita skenario terbaik, musik terbaik, Opening Movie terbaik, hingga Heroine terbaik. Tidak ada alasan untuk menyangkal betapa hebatnya Visual Novel ini.

Honorable Mention, Kara no Shojo -Last Episode-

Tidak ada alasan khusus. Karena bagi penulis Visual Novel ini sudah bagaikan ’emas’ tersendiri. Meski hanya mendapatkan posisi sembilan dalam nominasi pararel, dan posisi ketiga dalam nominasi musik terbaik, bagi teman-teman yang mengikuti serial ini, Kara no Shojo benar-benar akan meninggalkan kesan yang kuat dalam hati teman-teman.

Rekomendasi ini dibuat dengan cukup subjektif dan memiliki kebiasan dalam pemilihanya. Namun, penulis berusaha untuk memilih yang bisa dinikmati oleh teman-teman yang tidak, ataupun belum memiliki genre favorit (baca:fetish) yang begitu kuat. Semoga bisa membantu mengenal VIsual Novel lebih jauh melalui rekomendasi ini.

Categories: Rekomendasi

Robet Fujita

Penggemar musik jejepangan metal, hard rock, hingga jadul. Suka menulis, dan menyibukkan diri sendiri.

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *