Tasokare Hotel: Jadi, Aku Sudah Mati?

Published by Hauhau on

Hallo semua, bagaimana kabar kalian? Saya harap kalian dalam keadaan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas salah satu visual novel yang cukup menarik. Jika pada umumnya visual novel menggunakan Personal Computer (PC) sebagai platform-nya,maka visual novel yang akan kita bahas kali ini menggunakan Smart Phone sebagai platform-nya. Visual novel yang akan saya bahas kali ini berjudul Tasokare Hotel.

Tasokare Hotel merupakan salah visual novel yang dikembangkan oleh SEEC inc. untuk sistem operasi Android, dan iOS. Visual novel ini rilis pada tanggal 17 Desember 2017 untuk platform Android, dan 22 Desember 2017 untuk platform iOS.

Intro

Visual novel ini menceritakan tentang seorang gadis yang baru saja mati, dan tidak mengetahu siapa dan di mana ia berada. Setelah berkeliling sejenak, akhirnya dia menemukan sebuah hotel tua dengan gaya klasik, dan dia berinisiatif untuk masuk kedalam. Di dalam hotel, dia di sambut oleh seseorang yang menyebut dirinya sebagai manajer dari hotel tersebut. Manajer menjelaskan bahwa hotel tersebut berada di antara dunia kehidupan dan dunia kematian.

Manajer yang menjelaskan tentang hotel.

Setelah beberapa saat menjelaskan apa yang sedang terjadi, Manajer memerintahkan salah seorang staff hotel yang bernama Haruto Atori. Di saat mengantarkan sang gadis, Atari menjelaskan bahwa orang-orang yang datang ke hotel tersebut merupakan orang yang tidak mengetahui dirinya telah mati. Sesampainya di kamar, Atari pun menjelaskan bahwa keadaan kamar memiliki keterkaitan dengan sang penyewa.

Gameplay

Sama seperti visual novel lainnya, visual novel ini dimainkan dengan memilih opsi yang tersedia yang akan mempengaruhi jalannya cerita namun, ada salah satu fitur  yang sangat jarang sekali kita temui. Untuk menyelesaikan cerita, pemain dituntut untuk menyelesaikan teka-teki berupa puzzle di beberapa bagian. Sebagai contoh, mari kita teka-teki percobaan pada Chapter pertama berikut.

Sebagai permulaan, pemain diperintahkan untuk memasuki search mode agar dapat melakukan investigasi. Jika tidak memasuki mode search maka pemain tidak dapat mengambil barang yang di butuhkan untuk menyelesaikan teka-teki.

Setelah memasuki search mode, pemain akan di arahkan untuk mengambil tongkat yang tergeletak di lantai. Tongkat yang telah di ambil akan masuk kedalam inventori. Perintah berikutnya, pemain akan minta untuk membuka inventori, dan melihat keterangan dari barang yang telah diambil sebelumnya.

Pada keterangan tersebut tertulis bahwa benda tersebut merupakan galah namun, belum dapat digunakan. Oleh sebab itu, pemain diperintahkan untuk mencari bagian yang hilang dari galah tersebut.

Setelah mengambil bagian yang hilang, pemain akan menyatukan kedua bagian galah tersebut dan galah pun dapat digunakan. Selanjutnya, pemain akan diminta untuk menekan tombol Answer yang berada di pojok kiri atas monitor untuk mengetahui petunjuk selanjutnya. Setelah menekan tombol Answer, pemain akan disuguhkan dengan iklan namun, itu hanya pada bagian Tutorial saja, untuk berikutnya akan menjadi kehendak pemain.

Petunjuk selanjutnya akan mengarahkan pemain kepada lubang kunci yang berada di tembok. Untuk membuka ruangan tersebut tentu saja pemain membutuhkan kunci. Jika sudah berhasil menemukan kunci, dan membuka ruangan tersebut maka kita akan menemukan sebuah tiket konser. Tiket konser tersebut memiliki sebuah pesan di dalamnya.

Setelah menemukan tiket tersebut, sang gadis akan mengingat sedikit apa yang dia lakukan sebelum dirinya mati. Berdasarkan tiket tersebut, pamain akan membuka lemari yang terkunci, dan menemukan sebuah tas yang berisi kartu nama sang gadis.

Penilaian

Menurut saya pribadi, game ini cukup menarik dari segi alur cerita, grafik, serta ide untuk mengembangkan sebuah visual novel di perangkat mobile. Namun terlepas dari itu, game ini memiliki sesuatu yang jarang dimiliki oleh visual novel lainnya yaitu sistem teka-teki puzzle sehingga kita tidak saja memilih alur cerita yang kita inginkan namun, mendapatkan sebuah interaksi yang lebih dari biasanya.


Pojok Visual Novel | Ulasan ditulis oleh Hauhau

Video PV

Unduh

Klik gambar untuk menuju laman Play Store

© ESC-APE by SEEC/TASOKARE HOTEL Hak Cipta Dilindungi

Categories: Pojok Visual Novel

0 Comments

Komentar di sini

%d bloggers like this: