Nekopara Vol. 1, Dibukanya Kafe La Soleil

Published by Hauhau on

Pada tahun 2014 mungkin menjadi tahun yang mengesankan bagi Nekoworks, salah satu doujin circle yang bermarkas di wilayah Tokyo, Jepang. Pada tahun tersebut, tepatnya pada tanggal 30 Desember 2014, mereka merilis salah satu karya mereka melalui Sekai Project dengan nama Nekopara.

Nekopara(ネコパラ)merupakan sebuah visual novel yang cukup unik dimana heroine-nya berupa humanoid bertipe kucing yang biasa hidup berdampingan dengan manusia. Pada volume pertama ini, cerita berfokus pada 2 dari 6 kucing yang dimiliki Keluarga Minazuki.

Kashou Minazuki, seorang pemuda yang baru saja memulai bisnis kafe. Ketika sedang merapikan barang-barang kebutuhan kafe miliknya, ia mendengar suara yang mencurigakan dari salah satu kotak. Ketika didekati, keluarlah 2 ekor humanoid yang masing-masing berwarna hitam dengan nama Chocola, dan putih bernama Vanilla. Alasan Chocola dan Vanilla masuk ke dalam kotak adalah karena Chocola tidak ingin berpisah dengan Kashou, sementara Vanilla akan selalu mengikuti Chocola kemana pun ia akan pergi. Meskipun telah berusaha untuk meminta 2 ekor humanoid tersebut untuk kembali ke rumah, mereka tetap tidak ingin pergi bahkan, akan membantu Kashou untuk menjalankan kafe miliknya.

Karakter

Pada volume ini, kita memiliki 2 ekor heroine bernama Chocola, dan Vanilla. Agar tidak bingung, mari kita berkenalan dengan mereka!

Chocola(ショコラ)

Chocola adalah seekor kucing berwarna coklat dengan ras Mix Breed. Berbeda dengan kucing yang kita lihat di keseharian kita (tentu saja!), Chocola memiliki kepribadian dog-like personality dimana biasanya orang yang miliki kepribadian ini bersifat ceria dan ramah. Karena kepribadiannya tersebut, Kashou sering mendeskripsikan Chocola dengan istilah “happy-go-lucky”.

Nama  : Chocola(ショコラ)

Usia     : 9 bulan

Ras      : Mix Breed

Berat   : 24.5 kg

Tinggi : 125 cm

3 size   : 61 cm, 52 cm, 67 cm

V.A.    : Himari

Vanilla(バニラ)

Vanilla adalah seekor kucing berwarna putih dengan ras Mixed Breed. Berbading dengan saudarinya yang energik, Vanilla memiliki sifat yang tenang dan lebih condong menyembunyikan perasaannya. Selain itu, karena sifatnya yang sangat menyayangi Chocola, terkadang sering dianggap memiliki kepribadian Sister Complex (Siscon).

Nama  : Vanilla(バニラ)

Usia     : 9 bulan

Ras      : Mixed Breed

Berat   : 23.6 kg

Tinggi : 123 cm

3 size   : 59cm, 51 cm, 66 cm

V.A.    : Amu Nakamura

Lonceng Berkelakuan Baik

Sebelum Chocola dan Vanilla dapat membantu Kashou, terlebih dahulu mereka harus memiliki Lonceng Berkelakuan Baik yang dapat diperoleh dengan cara lulus dari ujian. Agar dapat lulus dari ujian tersebut, Chocola dan Vanilla belajar dan berlatih dengan giat bahkan, mendapat bantuan dari humanoid milik Keluarga Minazuki yang lainnya serta Shigure Minazuki, adik Kashou Minazuki. Setelah mengikuti ujian dan dinyatakan lulus, akhirnya Chocola dan Vanilla dapat membantu Kashou dalam bisnis kafenya.

Keseharian Bersama Kashou

Setelah mendapatkan Bel Berkelakuan Baik, Chocola dan Vanilla memulai keseharian mereka dengan membantu Kashou menjalankan kafenya seperti melayani pelanggan, membuat kue, mengantarkan pesanan dan lainnya. Selain itu, ketika pekerjaan sudah selesai, mereka sering berkeliling kota untuk menghilangkan lelah setelah bekerja.

Kesan Pribadi

saat pertama kali memainkan visual novel ini, penulis agak terkejut sekaligus kagum. Penggambaran karakter dalam visual novel ini menggunakan 3D yang dapat bergerak sesuai dengan ucapan dan reaksi sang karakter.

Pada bagian awal cerita, mungkin kita, selaku pembaca agak bingung dan bertanya, mengapa Chocola dan Vanilla rela masuk ke dalam box agar tidak berpisah dengan Kashou? Dalam alur ceritanya akan dibahas dengan metode alur mundur, di mana kita akan dibawa ke masa lalu Chocola, Vanilla, dan Kashou. Yang terakhir, developer visual novel ini, Nekoworks, mengingatkan saya dengan salah satu animasi yang menceritakan tentang sebuah circle yang berhasil menjadi besar karena menciptakan sebuah visual novel yang menjadi barang paling laku di Comiket.

Sebagai catatan, informasi usia yang tertulis pada biografi di atas belum dirubah dalam usia kucing sehingga jika ingin mengetahui usia manusianya harus di konversi terlebih dahulu (siapa tau ada yang anggap ini kejahatan).

Visual novel ini dapat dibeli di Steam namun, untuk membuka konten 18+ wajib membeli add-on serta konfirmasi umur terlebih dahulu.

sekian ulasan mengenai Nekopara Vol. 1, menurut kalian pribadi bagaimana? silahkan komen dan share ya~

Categories: Pojok Visual Novel

0 Comments

Komentar di sini

%d bloggers like this: