Nekopara Vol. 3, Persahabatan Kami

Published by Hauhau on

Setelah rilisnya Nekopara Vol. 2: Shimai Neko no Shukuru「ネコぱらVol. 2:姉妹ネコのシュクル」, yang diikuti dengan perilisan project berbasis vistual reality yang dapat dilihat melalui situs Youtube dengan heroine Coconut dan Azuki, sepertinya Neko Works semakin bersemangat dengan lanjutan dari francise Nekopara. Pada tahun 2017, tepatnya 25 Mei, Neko Works, akhirnya resmi merilis sequel berikutnya dari francise Nekopara, yaitu Nekopara Vol. 3: Nekotachi no Aromatize 「ネコぱら Vol. 3:ネコたちのアロマティゼ」. Pada sequel kali ini, cerita akan berfokus pada Cinamon dan Maple.

Maple「メイプル」

Maple adalah humanoid berambut panjang dan berwarna pirang dengan ras American Curl. Di La Solei, Maple sering memberikan saran kepada pelanggan mengenai minuman yang cocok dengan dengan makanan yang dipesan, hal ini tidak mengherankan karena Maple memiliki ketertarikan terhadap teh. Jika dibandingkan dengan saudari-saudarinya, Maple memiliki perilaku yang hampir menyerupai manusia, seperti pencemburu, memiliki harga diri yang tinggi, dan bergumam sendiri jika memiliki suatu masalah. Dibalik itu semua, dia sangat peduli dengan Cinnamon.

Nama  : Maple「メイプル」

Ras      : American curl

Usia     : 24 tahun (Kucing)

V. A.   : Ogura Yui

Cinnamon「シナモン」

Cinnamon adalah humanoid berambut pendek dan berwarna biru lavender dengan ras Scottish Fold. Dalam kesehariannya di La Soleil, Cinnamon biasanya mengerjakan pekerjaan yang berkaitan dengan ketelitian, seperti memeriksa stok persediaan, dan memeriksa inventaris. dibalik itu semua,  Cinnamon memiliki suatu kebiasaan janggal, yaitu sering memikirkan hal-hal berbau tak senonoh di tempat dan waktu yang kurang tepat. Meskipun begitu, Cinnamon sangat peduli dengan Maple.

Nama  : Cinnamon「シナモン」

Ras      : Scottish Fold

Usia     : 24 tahun (Kucing)

V. A.   : Arisaka Yuu

Berlibur ke Amusement

Pada suatu hari, Kashou Minazuki untuk mengajak seluruh pegawai La Soleil, dan adiknya, Shigure Minazuki, untuk pergi ke Amusement Park sebagai imbalan karena mereka telah bekerja dengan giat. Pada suatu kesempatan, Maple dan Cinnamon terpilih sebagai volunteer pada suatu acara di panggung luar ruangan.

Dalam acara tersebut, Maple menyanyikan lagu pembuka dari serial animasi Neko Witch berjudul Taiyou Paradise「太陽のパラダイス」yang sekaligus menjadi lagu pembuka dari Nekopara Vol. 1: Soreiyu Kaiten Shimashita「ネコぱらVol.1:ソレイユ開店しました」.

Harga Diri Yang Tinggi

Setelah selesai dengan acara tersebut, Kashou mencari tahu alasan Maple menyembunyikan bakatnya dalam bernyanyi, dan akhirnya kita ketahui bahwa Maple merasa terganggu karena menganggap orang-orang yang menyukai nyanyiannya hanya suka dengan alasan bahwa dirinya seekor humanoid, dan tidak benar-benar menyukai nyanyiannya. Sementara itu, Cinnamon selalu berusaha membujuk Maple agar mau bernyanyi kembali, dan memberitahu bahwa sebenarnya orang-orang sangat menyukai Maple.

Bukan Saudara, Melainkan Sahabat

Sepanjang alur cerita, kita akan mengetahui bahwa ikatan yang terbentuk antara Maple dengan Cinnamon bukanlah ikatan persaudaraan, melainkan ikatan persahabatan. Pada beberapa scene percakapan, Cinnamon sering berkata bahwa dirinya adalah sahabat dari Maple, sehingga dirinya harus membantu Maple untuk meraih apa yang ingin ia gapai. Pada akhirnya, Cinnamon membantu Maple dalam penampilannya dengan bermain piano ketika menyanyikan lagu My Grandfather’s Clock.

Referensi Pada Vol. 3

Dalam sebuah animasi dan novel, adalah hal yang lumrah menjadikan suatu tempat sebagai referensi suatu adegan. Pada bagian awal vol. 3 ini, ada sebuah percakapan yang menunjukan lokasi dari La Soleil, kafe yang dijalankan oleh Kashou Minazuki, yang ternyata berada di wilayah Yokohama, Jepang. Untuk nama dan lokasi tepatnya  tempat yang dijadikan sebagai referensi, penulis sendiri masih belum tahu secara pasti.

Penilaian Pribadi

Menurut saya pribadi, pada Vol. 3 kali ini tema yang diangkat cukup fresh. Jika kita lihat pada 2 seri sebelumnya, tema yang diangkat adalah persaudaraan namun, pada volume kali ini yang diangkat adalah persahabatan. Pengorbanan yang dilakukan oleh Cinnamon agar Maple dapat menggapai apa yang dia inginkan merupakan gambaran dari ketulusan seorang sahabat yang mungkin jika kita lihat pada saat ini adalah hal yang sangat jarang terjadi. Dari segi grafis, grafis yang ditampilkan juga lebih hidup jika dibandingkan dengan vol. sebelumnya, hal ini dapat dilihat dengan tidak kaku dan selarasnya ekspresi dengan dialog. selain itu, adegan H pada vol. 3 ini juga jika dibandingkan dengan vol. sebelumnya lebih banyak 66% sehingga amat sangat disarankan untuk memperhatikan lingkungan sekitar sebelum memainkannya. Over all, dengan tema baru, dan peningkatan grafis yang cukup baik, visual novel ini layak untuk dibaca, terlebih bagi kalian yang sudah mengikuti dari awal, wajib untuk membacanya.

Categories: Pojok Visual Novel

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *