[Pojok Visual Novel] Sakura no Uta -Sakura no Mori no Ue o Mau-

Published by Robet Fujita on

Seni Mengajarkan Kita Banyak Hal Lewat Visual Novel Ini

ss2

Judul : Sakura no Uta -Sakura no Mori no Ue o Mau- (サクラノ詩-櫻の森の上を舞う-)
Produksi : Makura (23 Oktober 2015)
Durasi : Sangat Panjang
Pengulas : -MiMiMi-
Patch : Tidak Ada

Sakura no Uta.
Bila diartikan menjadi “Syair Sakura”.
Dimulai dengan hari pemakaman Kusanagi Kenichiro, Naoya merasa bahwa hidupnya sangat datar. Ayahnya adalah seorang seniman yang sangat terkenal, bahkan hingga mendunia. Tentu saja, Naoya juga memiliki bakat yang dimiliki ayahnya tersebut. sakura-no-uta-loli-starter-packKematian ayahnya sama sekali tidak membuatnya sedih, marah, ataupun senang. Naoya sama sekali tidak merasakan apa-apa dengan kematian ayahnya itu.
Suatu hari, Naoya menolak untuk menerima harta warisan dari mendiang ayahnya. Naoya keras kepala mengatakan bahwa ia sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan ayahnya. Akhirnya dia tolak harta warisan tersebut dan hidup dengan datar.
Di Akademi Yumihari, Naoya hanyalah seorang murid biasa. Dia sering mampir ke ruang ekskul seni, tetapi dia bukanlah anggota ekskul tersebut. Meski demikian, Toritani Makoto yang merupakan ketua ekskul tersebut tetap menganggapnya sebagai salah satu anggota. Tidak hanya Makoto, Natsume Kei yang merupakan sahabat Naoya juga merupakan anggota ekskul tersebut. Di awal musim semi, mereka berniat untuk mencari tambahan anggota untuk mempertahankan keberadaan ekskul seni. Dari situlah mereka menjalani masa muda mereka, memahami banyak macam seni, mulai dari lukisan hingga berbagai macam ungkapan seniman terdahulu.

shizuku_sui

Sekilas hanya sebuah Visual Novel biasa yang mengambil seni sebagai latar cerita, tetapi karya yang satu ini memiliki cerita yang sangat dalam, tidak sekadar menceritakan kisah romantis antara protagonis dan para heroine. Segala alur cerita sangat detail dijelaskan dalam semua rute. Memang ini adalah hal yang wajar sebagai Visual Novel berdurasi panjang seperti ini. Semua cerita dari masing-masing heroine, semuanya terhubung dalam satu kisah yang sangat dalam. Pemilihan cerita pun tidak bisa asal pilih. Teman-teman baru bisa mengawali Visual Novel ini dengan dua pilihan rute. Setelah itu akan terbuka rute lain satu per satu, tidak langsung semuanya. Setelah menyelesaikan semua rute, teman-teman akan mendapatkan tiga bagian cerita tambahan yang merupakan inti dari kisah Visual Novel ini. Tentu saja, tiga cerita ini tidak langsung terbuka semua. Harus dilalui satu per satu.

Sebagai juara Moege 2015, Visual Novel ini benar-benar membuat pemainnya terasa masuk ke dalam cerita. Dalam latar cerita yang berfokus pada tema seni, memang banyak sekali istilah-istilah seni rumit yang muncul, namun hal itu justru salah satu nilai penting yang ada di Visual Novel ini. Banyak sekali ungkapan-ungkapan yang bisa dipelajari dan diterapkan dalam Visual Novel ini. Makna seni, makna pengorbanan, sampai makna hidup, banyak ungkapan dari seniman-seniman terdahulu yang muncul dalam Visual Novel ini. Tidak heran bila mendapatkan juara moege. Justru aneh bila Visual Novel ini tidak mendapatkan juara. Visual Novel ini juga termasuk dalam nomina cerita terbaik. Yang jelas, Visual Novel ini benar-benar membutuhkan banyak referensi mengenai seni, apalagi mengenai para seniman terdahulu, dan yang pasti sutradara, penulis skenario, bahkan ilustratornya tahu betul tentang seni.
Tidak hanya cerita, desain karakter pun dibuat sangat baik. Tidak hanya itu, jumlah karakter yang muncul dalam cerita ada banyak. Tidak heran, karena Visual Novel ini berdurasi panjang.

ruriyo_shizuna_otona
Kelebihan:
+++++ Cerita yang sangat membangun
+++++ Banyak nilai moral yang didapat
+++++ Tambahan cerita kelanjutan dengan akhir yang memuaskan dan mengharukan
+++++ CG 160+
+++++ TIAP RUTE SELALU ADA LOLI YANG MUNCUL
+++ Cerita tiap rute terhubung dengan baik hingga akhir cerita
+++ HEROINE-NYA ADA BANYAK. INGAT, BANYAK. TIDAK CUMA 4, TAPI BANYAK

Kekurangan
– Keterbatasan memilih rute di awal
– Tampilan menu standar, kurang spesifik
– Kesulitan memahami cerita tentang seniman
– HARUS TERIMA KENYATAAN AKHIR CERITA YANG SEBENARNYA. BAIK PROTAGONIS, HEROINE, BAHKAN PEMAIN Visual Novel SEKALI PUN

Kesan pribadi dari mimimi
Seharusnya ini tidak baik untuk ditulis karena ini berisi kesan yang subjektif, tapi entah kenapa saya ingin menulis ini. Karena ini bersifat subjektif, jadi mohon untuk tidak termakan emosi dengan apa yang tertulis di bawah ini.

Visual Novel satu ini sangat sulit untuk dipahami ceritanya dari segi kosakata yang digunakan. Meski pakai tool Visual NovelR atau semacamnya, belum tentu kalian bisa mengerti garis besar ceritanya. Yang jelas, Visual Novel ini rekomen untuk mereka yang benar-benar paham bahasa Jepang, dan/atau paham dengan seni. Dari empat rute, semua konflik yang ada di rute itu berhubungan sangat erat. Jadi kalian tidak bisa asal skip rute hanya untuk menikmati rute kesukaan kalian (kecuali hanya ingin koleksi CG/HCG). Omong-omong soal rute, di Visual Novel ini ada rute yuri. Selain itu, heroine yang ada akan membuat kalian kebingungan memilih mana yang best bagi kalian. Lalu ini kesan terakhir saya mengenai Visual Novel mahakarya ini: SAYA SAKIT HATI MENERIMA KENYATAAN AKHIR CERITANYA. EMOSI SAYA TIDAK TERTAHANKAN SAAT TAHU KARAKTERISTIK PROTAGONIS YANG KEHILANGAN BANYAK HAL DEMI ORANG LAIN.

rating5

Bagaimana pendapat kalian? Jangan lupa komentarnya!

https://www.youtube.com/watch?v=mAMW1Xy3Kck


Robet Fujita

Penggemar musik jejepangan metal, hard rock, hingga jadul. Suka menulis, dan menyibukkan diri sendiri.

0 Comments

Komentar di sini

%d bloggers like this: